Teori Elliott Wave

Ada beberapa bagian dari Analisis Teknis yang dapat Anda kreditkan kepada satu individu, tetapi Teori Elliott Wave  memiliki perbedaan itu.Pendiri teori ini adalah Ralph Nelson Elliott, yang lahir di Marysville, Kansas, pada tahun 1871 dan kemudian pindah ke San Antonio, Texas.

Elliott memulai karirnya sebagai akuntan pada pertengahan 1890-an. Setelah menduduki posisi eksekutif di perusahaan swasta dan bisnis konsultan yang sukses, Departemen Luar Negeri A.S. menunjuk Elliott ke jabatan Kepala Akuntan untuk Nikaragua (yang pada saat itu berada di bawah kendali Amerika).

Selama berada di Amerika Tengah, Elliott mengidap penyakit yang melemahkan, yang memaksanya untuk pensiun dini pada usia lima puluh delapan. Tentang saat ini, ia memutuskan untuk mendedikasikan dirinya untuk mempelajari pasar saham Amerika.

Ketika Elliott memulai studinya tentang pasar, umumnya dipercaya bahwa pasar itu acak dan kacau. Elliott, bagaimanapun, curiga bahwa ada beberapa urutan yang mendasari bagaimana mereka bergerak, dan dia mengusulkan agar harga pasar dibuka dalam pola dan tren tertentu. Ini dianggap sebagai ide revolusioner pada waktu itu.

Dia memulai studinya dengan memeriksa 75 tahun data pasar saham historis menggunakan grafik tahunan, bulanan, mingguan, harian, jam, dan setengah jam. Ingat, ini terjadi pada 1930-an, sebelum kekuatan komputasi tersedia untuk membantu menelusuri grafik dan menyimpan catatan. Semua analisis itu dilakukan dengan tangan dan melakukannya sendiri adalah sebuah pencapaian dalam dirinya sendiri.

Ketika penelitiannya berkembang, ia mulai membentuk aturan yang bisa diterapkan ke pasar dan ketika kepercayaannya tumbuh, ia mulai membagikan idenya di depan umum. Pada 13 Maret 1935, hari Rabu biasa, ia mengirim telegram setelah penutupan pasar yang menyatakan bahwa pasar saham Amerika membuat posisi terendah terakhir.

Keesokan harinya, Kamis, 14 Maret 1935, Dow Jones Industrial Average membuat harga penutupan terendah sepanjang tahun itu. Bahkan, pasar mulai naik yang berlangsung hampir dua tahun dan hampir menggandakan nilai Dow. Elliott, menggunakan aturan pasar yang telah ia kembangkan, telah menyematkan bagian bawah pasar dalam satu hari perdagangan.

Beberapa bulan setelah memprediksikan rendahnya pada bulan Maret 1935, Elliott menulis “Prinsip Elliott” bersama Charles J. Collins. Collins sendiri adalah penerima telegram Elliott pada Rabu sore yang memprediksi rendahnya pasar.
Dengan buku itu, Teori Elliott Wave secara resmi lahir.